Choose Language: ENBH

Aterosklerosis

Sumber Daya

Aterosklerosis – pengerasan arteri-adalah penyakit progresif yang menyebabkan orang-orang arteri untuk mempersempit dan dinding mereka kehilangan elastisitas mereka akibat akumulasi deposito lapisan pembuluh darah mereka.

Pada pasien dengan kondisi ini, zat-zat seperti kolesterol, lemak, kalsium, dan fibrin (pembekuan faktor dalam darah) membangun ke dalam plak dan sempit bukaan terkena arteri. Seperti dinding arteri menebal, jumlah aliran darah menurun, yang meningkatkan risiko pembentukan bekuan darah (trombosis).

Para ilmuwan percaya aterosklerosis memicu oleh kerusakan endotelium, lapisan terdalam pembuluh darah yang bekerja untuk menjaga dalam arteri kencang dan halus untuk menjaga mengalir darah. Kerusakan tersebut dapat disebabkan oleh faktor-faktor seperti tingkat lipid darah tinggi, tekanan darah tinggi (hipertensi) dan Rokok.

Aterosklerosis dapat mengembangkan di salah satu arteri di tubuh, tetapi biasanya menyebabkan tidak ada gejala sampai usia tengah atau lebih tua. Ketika itu terjadi di arteri koroner yang memasok darah ke jantung, pasien dikatakan mempunyai penyakit jantung koroner. Gejala yang paling umum dari kondisi ini adalah rasa sakit dada memancar. Harus sudah mempersempit oleh aterosklerosis arteri koroner menjadi benar-benar diblokir oleh bekuan darah (trombus), serangan jantung terjadi.

Top