Choose Language: ENBH

Penyakit Jantung Koroner Dan Angina

Sumber Daya

Penyakit jantung koroner adalah jenis yang paling umum penyakit jantung dalam banyak industri negara. Ini adalah hasil dari penyempitan arteri koroner karena penumpukan plak, mengakibatkan berkurangnya aliran darah dan dengan demikian supply oksigen ke otot jantung.

Penyempitan arteri koroner biasanya disebabkan oleh aterosklerosis. Faktor penyumbang lainnya termasuk kejang di pembuluh koroner, diabetes, kolesterol darah tinggi, tekanan darah tinggi, reaksi merugikan fisik stres mental, dan perokok berat.

Gejala penyakit jantung koroner yang utama adalah angina, nyeri dada meremas yang dapat menyebar ke leher, rahang, perut, dan bagian kiri atas dari tubuh. Rasa sakit adalah tanda bahwa jantung menerima cukup darah dan oksigen.

Angina mungkin hadir sendiri dalam sejumlah cara yang berbeda:

  • Pasien dengan diam angina cenderung mengalami tidak ada ketidaknyamanan fisik atau nyeri.
  • Angina juga mungkin stabil atau tidak stabil.

Stabil angina mengacu pada sakit dada dan/atau ketidaknyamanan yang terjadi dalam pola yang teratur atau diprediksi (misalnya, setiap kali pasien berjalan tangga) dan yang biasanya adalah lega istirahat.

Sebaliknya, angina tidak stabil, yang lebih serius, merupakan ketidaknyamanan yang terjadi tanpa peringatan. Pasien mungkin mengalami nyeri tiba-tiba bahkan dengan sedikit atau tidak ada aktivitas fisik, atau bahkan tanpa gejala sebelumnya dari penyakit jantung koroner.

Top